Wednesday 17 May 2017

5 TIPS SUPAYA TANAMAN TIDAK GAMPANG KENA PENYAKIT

5 TIPS SUPAYA TANAMAN TIDAK GAMPANG KENA PENYAKIT

Penyakit yang sering menyerang tanaman adalah musuh terbesar dari petani. Kalau penyakitnya masih bisa ditanggulangi masih syukur, nah.. kalau tidak bisa lagi diobati, yang ada petani semakin galau. Berikut ini tips supaya tanaman kita tidak gampang terkena penyakit.

1. Tanam benih yang sehat. 
Biasanya benih yang ada kemungkinan terinfeksi penyakit atau virus tanaman tidak akan tumbuh dengan sehat. Bahkan, ini bisa menjadi penular penyakit epada tanaman yang lain. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih bibit yang bebas dari penyakit.

2. Jarak tanam
Jarak tanam yang terlalu rapat tidak baik untuk tanaman. Selain supaya tanaman tidak saling berebut unsur hara, juga supaya tamanan tidak terlalu lembab, karena tanaman yang terlalu lembab lebih mudah terkena penyakit. (kurang matahari)

3. Pemupukan yang Berimbang
Adanya pemupukan yang berimbang dan beragam sangat menunjang tumbuh kembang tanaman. Sama seperti tubuh kita, tanaman juga membutuhkan asupan yang cukup untuk pertumbuhan akar, batang, daun dan buah. Akar, batang dan daun yang kokoh akan lebih kebal terhadap pennyakit tanaman.

4. Hindari Menggunakan Pestisida yang Tidak Tepat dan Berlebihan
Banyak petani yang menggunakan obat yang salah untuk mengatasi hama dan penyakit. Kalau ada tanaman kita yang sempat terserang hama atau penyakit hal yang harus kita lakukan  adalah, Pertama, kenali dulu penyakit yang menyerang tanaman (menurut saya sangat penting untuk berkonsultasi atau sharing dengan pihak ahli). Setelah mengetahui penyerangnya, serang (basmi) dengan obat yang tepat (kalau bisa menggunakan bahan yang alami) dan dosis yang tepat sehingga tidak menimbulkan penyakit baru.

5. Membuang Tanaman yang Tidak Bisa Lagi Diobati.
Untuk beberapa jenis tanaman, misalnya cabai keriting. Ada beberapa penyakit tanaman yang belum bisa diobati secara tuntas (misalnya keriting tanaman yang disebabkan oleh virus). Jika suatu tanaman sudah terinveksi oleh penyakit dan tidak bisa lagi diobati maka sebaiknya cabut tanaman tersebut untuk mengurangi penyebaran penyakit.


Demikianlah tips dari saya cara mengatasi supaya tanaman kita tidak gampang kena penyakit.  

No comments:

Post a Comment